Jumat, 20 Februari 2015

Pesona ALAM TANJUNG PUTING KALIMANTAN TENGAH


  Taman Nasional Ujung Puting memiliki luas hampir seukuran pulau Bali. Di sinilah rumah bagi Orang Utan. Kurang lebih 3/4 populasi Orang Utan di Dunia hidup di Kalimantan. Taman Ujung Puting juga menjadi pusat penelitian Orang Utan di Camp Leakey.Camp Leakey merupakan tempat pelestarian Orang Utan  yang telah berdiri sejak tahun 1971. Tidak hanya orang utan saja yang tedapat di Taman Ujung Puting, tetapi ada satwa lainnya seperti Bekantan, Monyet Ekor Panjang, Burung dan masih banyak lagi. Sungai di sekitar Taman Ujung Puting ini juga menjadi habitat bagi ikan air tawar dan lainnya. Taman ini sungguh kaya dengan keragaman flora dan fauna. Dan tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk pelestarian Primata, burung, reptil dan ikan. 
      Sungai Sekonyer terkenal karena kecantikan alam dan kehidupan alam liarnya. Ketika melewati Sungai Sekonyer akan terlihat monyet-monyet yang sedang bergelantungan di atas pohon. Ada juga Orang Utan yang sedang makan, tetapi hati-hati saat melintasi Sungai Sekonyer, karena sungai ini memiliki buaya. Buaya di sungai ini sulit untuk di lihat, karena mereka suka sekali bersembunyi. 
        Hutan ini adalah surga bagi lebih dari 220 spesies burung. Camp Leakey didiriakan dan diberi nama yang berasal dari nama Dr. Louis Leakey, salah satu pembimbing kamp yang didirikan oleh Proffesor Birute Galdikas.

1. Kegiatan 
   Kegiatan yag sering dilakukan di Alam Liar Taman Ujung Puting ini adalah memberi makan para satwa, berfoto-foto, merawat dan lain sebagainya.

Gambar :
Menyususi Hutan
Menyusuri Sungai Sekonyer dengan Kapal 
Memberi Makan Satwa













Tidak ada komentar:

Posting Komentar