Senin, 20 April 2015

Air Terjun Terbesar & Terluar di Dunia "NIAGARA di New York - Kanada


Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario. Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.
Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.
Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari. Apalagi kalau bukan untuk melihat air terjun yang paling populer ini. Sehingga, devisa pun banyak mengalir bagi kedua negara ini.
Berikut ini beragam fakta menarik dari Niagara. 


Sekitar 200 ribu kubik air mengalir di Niagara. Meskipun Niagara tidak terlalu tinggi tapi air terjun ini dipercaya terlebar di dunia. Air yang dikucurkan setiap menitmya mencapai 200 ribu kubik. Keindahan air terjun ini semakin mempesona  dengan kehadiran pelangi di atasnya. Membuat semua pengunjung berdecak kagum dan ketagihan ingin melihatnya kembali. Tercatat jutaan orang mengunjungi tempat indah ini setiap harinya. Kepopuleran Niagara sangat terlihat sangat nyata. 




Air terjun Niagara membeku. Januari 2014 silam berita heboh datang dari air terjun Niagara. Dikarenakan air terjun terlebar di dunia ini dalam kondisi membeku. Sehingga ratusan ribu kubik yang dijatuhkannya setiap menit tak terlihat lagi. Tapi hanya terlihat bongkahan es berwarna putih. Meskipun dalam kondisi membeku, air terjun Niagara tetap terlihat mempesona. Air terjun yang membeku dikarenakan akibat dari badai salju ekstrem yang dialami kawasan Amerika. Suhu udara yang ekstrem ini mencapai minus 52 derajat celcius. Pantas saja bila air yang mengalir di Niagara bisa membeku layaknya es. Pastinya pemandangan ini sangat menarik minat banyak wisatawan. Karena sangat jarang terjadi pada air terjun Niagara.





Sekitar 20 ribu wisatawan berkunjung dalam setahun akibat Niagara membeku. Cuaca ekstrem yang terjadi ini dikenal dengan sebutan Polar Vortex. Para ilmuwan berpendapat kalau Polar Vortex ini kerap terjadi di kawasan Artic. Tapi kondisi air terjun Niagara membeku di luar perkiraan para ilmuwan, karena Polar Vortex tidak pernah terjadi di kawasan Amerika Utara. Dari sisi lain kondisi ekstrem ini memang merupakan bencana, tapi ternyata fenomena alam yang menakjubkan ini berhasil menarik 20 juta turis berkunjung ke Niagara dalam setahun. Para wisatawan tersebut berasal dari dalam negeri dan mancanegara. Sayangnya cuaca ekstrem terpaksa menghentikan sebagian besar aktifitas warga seperti bekerja dan bersekolah karena sekolah dan perkantoran terpaksa menghentikan operasional.
Air terjun berubah seperti stalagmite dan stalactite. Ketika dalam kondisi membeku, air yang biasanya mengalir berubah layaknya stalagmite dan stalactite yang biasa ditemukan dalam sebuah gua.






Niagara disinari cahaya menawan setiap malam. Keindahan Niagara juga semakin mempesona dengan pancaran cahaya buatan berwarna-warni. Air terjun terlihat makin cantik ketika malam menjelang sampai jam 10 malam. Sehingga wisatawan bisa menyaksikan suguhan langka ini setiap malam. Cahaya dihasilkan dari efek cahaya yang spektakuler yang dijamin bisa membuat anda terpukau. Cahaya bengal adalah sistem pencahayaan yang diterapkan di Niagara ini. Cahaya ini memiliki warna biru terang yang biasanya diterapkan guna sistem cahaya ketika pesta kembang api. Reaksi warna biru ini dihasilkan dari campuran bahan orpiment, sendawa dan belerang. Maka dengan penambahan Cahaya ini, Niagara terlihat sangat dramatis ditambah dengan sentuhan cahaya rembulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar