Jumat, 17 April 2015

Keindahan GOA GONG - Pacitan

Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan. Dengan pesona wisata yang menawarkan keindahan yang tiada duanya di dunia Indonesia layak berbagangga. Sebagai masyarakat yang tinggal dan mendiami Indonesia kita juga patut bersyukur dengan cara ikut menjaga dan tidak berhenti untuk mengeksplorasi setiap hal baru yang ditawarkan oleh alam Indonesia.Dari beragam keindahan alam, salahsatu yang cukup menarik dijelajahi dan dieksplorasi adalah goa. Goa selalu menyimpan misteri dan keunikannya sendiri melalui penampakannya yang misterius dan gelap. Banyak sekali goa yang tersebar di seluruh tanh Indonesia, namun jika anda bertanya dimanakah wilayah yang memiliki goa cukup banyak, maka jawaban yang mungkin akan keluar adalah Pacitan. Julukan kota seribu satu goa, bukan hanya sekedar julukan biasa, sebab memang banyak sekali goa yang terdapat di kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini. Di Kabupaten Pacitan anda bisa mengenal beberapa nama seperti Goa Tabuhan yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyi merdu bak gamelan jawa dan Goa Kalak yang menurut cerita pernah dijadikan sebagai tempat bertapanya sangan mantan presiden ke 2 yakni Soeharto. Dengan jumlah yang banyak tersebut, penataan dan pengembangan potensi pariwisatanyapun diperhatikan dengan sangat baik.  Hasil dari pengembangan dan penataan goa yang baik dalah sebuah goa bernama Goa Gong. Goa Gong kini dikenal oleh para wisatawan baik dalam maupun luar sebagai salahsatu goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Penamaan Goa Goang sendiri berasal dari sebuah batu yang berada di adalam goa yang apabila dipukul, maka akan mengluarkan bunyi seperti alat musik tradisional gong.

KEINDAHAN GOA GONG

Goa Gong yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung, Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah ini merupakan salahsatu dari sekian banyak goa indah yang berada di kabupaten tersebut. Goa Gong juga terletak tidak terlalu jauh dari sebuah goa lainnya yang juga sangat terkenal yakni Goa Tabuhan. Keindahan Goa Gong sudah sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara, oleh karena keindahannya bahkan Goa Gong ini ditetapkan sebagai goa yang paling indah di kawasan Asia Tenggara.Keindahan Goa Gong terlihat dari beragamnya batu-batu stalagtit dan stalagnit yang terdapat dalam goa tersebut. Keindahan goa yang berpadu dengan penataan baik dari pihak pengelola membuat suasana dalam goa ini semakin indah saja. Dengan bantuan cahaya lampu yang ada dan berwarna warni, semakin menambah keindahan dari goa yang menawan ini.Pengunjung juga tidak usah khawatir dengan jalur akses masuk ke dalam goa, sebab sudah terdapat anak tangga dan pagar pembatas yang akan membuat wisatawan yang berkunjung ke dalam goa ini merasa nyaman dan aman. Bersiaplah juga untuk terkagum-kagum dengan keindahgan pagar kristal yang berhias di dalam goa tersebut.

Menuju ke bagian bawah goa, anda akan menemukan sebuah kolam atau sendang yang sangat mengagumkan. Biasanya para wisatawan yang berkunjung akan datang ke sendang tersebut untuk sekedar merasakan kesegaran dari mata air dalam Goa Gong yang sangat indah ini. jumlah sendang dalam Goa Gong ini sebenarnya mencapai 5 sendang yang kesemuanya dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang dimiliki oleh seseorang. Sajian utama dari goa ini sebenarnya adalah sebuah batu besar yang apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik gong. Batu tersebut pulalah yang menjadi muasal penamaan dari goa yang teramat menakjubkan ini. Dari beberapa ruangan yang terdapat di dalam Go Gong, salahsatu ruangan yang terbesar yang berada di dalam goa ini pernah dijadikan sebagai venue dari pertunjukan musik 4 negara. Pertunjukan musik tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi atas keindahan Goa Gong ke kancah internasional. Untuk memasuki Goa Gong ini hanya diperlukan tiket masuk seharga 7000 rupiah saja. Dengan jam buka dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, anda beserta teman atau keluarga bisa mengunjungi dan mengeksplorasi bagaimana keindahan Goa Gong secara leluasa. Jangan lupa membeli buah tangan berupa souvenir yang dijajakan banyak sekali pedagang di area wisata Goa Gong ini, di mana berupa batu akik yang kini tengah kembali populer di kalangan masyarakat luas. Berbagai macam fasilitas sudah tersedia di sekitar area wisata ini seperti mushala, rumah makan, hingga toilet. Semuanya ada untuk memberikan kenyamanan pada para pengunjung ketika sedang berwisata di sekitar area Goa Gong.

AKSES MENUJU GOA GONG

Dengan penataan yang baik dan kesadaran pemerintah daerah akan potensi pariwisata yang dimiliki maka moda transportasi dan angkutan umum, serta fasilitas-fasilitasnya sudah bisa dikatakan cukup baik. Adapun untuk transportasi yang bisa anda gunakan dalam rangka mengunjungi Go Gong yang indah ini adalah sebagai berikut. Dengan titik awal keberangkatan dari Kota Pacitan maka anda harus berkendara ke arah barat sejauh 37 kilometer melewati Pringkuku menuju Punung. Dari situ anda tinggal menuju ke arah obyek wisata Goa Gong yang terletak di Desa Bomo.
Penginapan Di Sekitar Goa Gong
Ketersediaan penginapan yang berada di sekitar area wisata ini cukup baik. Anda yang ingin berkunjung bisa menyewa hotel yang berada di sekitaran Kota Pacitan. Banyak sekali hotel-hotel yang menyediakan fasilitas lengkap sesuai dengan kemampuan keuangan dan anggaran yang sudah anda rencanakan sebelumnya. 

TIPS

Perhatikan hal-hal berikut jika anda hendak pergi mengunjungi Goa Gong. Tips sederhana ini akan membantu dan sekedar mengingatkan anda utuk senantiasa menjadi traveler atau wisatawan yang bertanggung jawab dan tetap memelihara alam yang dikunjungi.  Jika berencana berkunjung ke Goa Gong persiapkna fisik. Sebab sebelum anda mencapai Goa Gong sebelumnya anda harus berjalan, dan untuk mengkesplorasi keindahan Goa Gong anda akan meniti tangga yang jumlahnya tidak sedikit. Perhatikan jalan anda ketika sedang berkunjung ke dalam goa indah ini, sebab meskipun telah dibekali dengan fasilitas baik, seperti tangga dan pagar pembatas untuk pegangan, tapi air yang menetes dari goa tersebut membuat jalanan menjadi licin, sehingga harus tetap berhatai-hati ketika berjalan.Jangan sembarangan memegang, bahkan mengambil batuan stalagtit atau stalagnit yang hidup di dalam goa tersebut, sebab bisa merusak pertumbuhan dan berfek buruk kepada keindahan goa tersebut. Seperti dalam perjalan-perjalanan yang anda pernah lakukan, jangan sekali-kali mencoba mengotori lingkungan sekitar goa maupun sendang (kolam) yang berada di dalam goa dengan sampah atau berbagai coretan-coretan tidak jelas, agar kelestarian lingkungan goa tersebut tetap terjaga dengan baik. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab, terhadap kelestarian lingkungan dan alam sekitar yang anda kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar