Kamis, 05 Maret 2015

Pesona RAJA AMPAT - Papua, Indonesia

Raja Ampat atau "Empat Raja" adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau indah tersebut. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokak. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. 

   
   Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik yang sangat mengagumkan. Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Disinilah rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan dan 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan menurut laporan dari Nature Consrvancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang indah ini.

Legenda RAJA AMPAT

   Penduduk Raja AMpat sebagian berprofesi sebagai nelayan. Mereka tinggal di kampung kecil yang terpisah dengan kampung lain karena berbeda pulau. Nama Raja Ampat berasal dari cerita masyarakat setempat . Menurut cerita, ada seorang perempuan yang menemukan 7 butir telur, telur-telur tersebut kemudian menetas,4 diantaranta menetas menjadi pangeran, sementara 3 telur lainnya menjadi seorang wanita, sebuah batu dan hantu. 4 Pangeran tersebut keudian menjadi raja di pulaunya masing-masing, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, Misool dan akhirnya disebut sebagai Raja Ampat.

WISATA BAWAH LAUT


   Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa. Tempat wisata di Papua Baat ini sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Dengan banyaknya spesies karang di Raja Ampat, secara otomatis juga terdapat banyak spesies ikan karang. Selain itu, ada juga Ikan Pari Manta, Ikan Duyung, Kuda Laut, Ikan Barakuda, Hiu Karang, Penyu dan masih banyak lagi. Sisa-sia perang dunia ke-2 juga terdapat di sini tepatnya di Pulau Wai yang terdapat bangkai pesawat perang. 

RESORT RAJA AMPAT


   Selain wisata menyelam, ada juga wisata budaya, meihat peninggalan prasejarah yang berupa cap tangan, melihat festival bahari yang biasanya di adakan pada bulan Agustus, menikmati panorama alam, menikmati suasana pedesaan, wisata kuliner, melihat burung cendrawasih serta mendaki bukit karang dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar